Kelebihan Sekolah di Madrasah


MTs. Attaqwa 10 Terpadu – Menentukan sekolah yang tepat dan terbaik untuk anak-anak kita merupakan langkah awal anak-anak kita untuk mencapai cita-citanya. Harapan orang tua terhadap anak-anaknya tentunya agar kelak anak-anaknya menjadi orang yang sukses dalam hal materi dan agama tentunya. Agar suatu saat ketika orang tua sudah berusia lanjut anak-anak dapat memiliki ahlak yang baik dan adab yang baik terhadap orang tua. Nah, mentukan sekolah untuk anak-anak itu tidak boleh sembarangan, sebab di era modern seperti saat ini mudah sekali anak anda terpengaruh dengan gaya hidup yang tidak terkendali. Dalam kesempatan ini, penulis akan berbagi tentang Kelebihan / Keunggulan / Manfaat dan Kekurangan / Kelemahan Menyekolahkan Anak di Madrasah baik MI, MTS maupun MA.

Sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai ciri khas Islam, madrasah memegang peran penting dalam proses pembentukan kepribadian anak didik, karena melalui pendidikan madrasah ini para orang tua berharap agar anak-anaknya memiliki dua kemampuan sekaligus, tidak hanya pengetahuan umum (IPTEK) tetapi juga memiliki kepribadian dan komitmen yang tinggi terhadap agamanya (IMTAQ). Oleh sebab itu jika kita memahami benar harapan orang tua ini maka sebenarnya madrasah memiliki prospek yang sangat cerah.

Di sisi lain, jika dilihat dari kesejarahannya, madrasah memiliki akar budaya yang kuat di tengah-tengah masyarakat, sebab itu madrasah sudah menjadi milik masyarakat. Apabila dewasa ini banyak ahli berbicara tentang inovasi pendidikan nasional untuk melahirkan pendidikan yang dikelola masyarakat (community based management), maka madrasah dan termasuk juga pesantren merupakan model dari pendidikan tersebut.

Salah satu kelebihan dari Sekolah Madrasah adalah jumlah kelulusan sekolah Madrasah sangat baik di banding dengan sekolah umum. Hal ini disebabkan karena indikasi kelulusan ujian nasional Madrasah tidak kalah dengan sekolah umum di tingkat nasional.

Bahkan menurut sebuah pengamatan seorang pakar pendidikan pada tahun 2013 dan 2014, di tingkat sekolah menengah, jumlah kelulusan MTS (Madrasah Tsanawiyah) secara nasional lebih bagus lebih bagus dari pada SMP (Sekolah Menengah Pertama). Memang MA sedikit di bawah SMA, kelulusannya.

Selain pendidikan formal, Madrasah juga menjamin para siswa dan siswinya pandai dalam bidang agama Islam dan memiliki akhlak yang baik. Sehingga merupakan pilihan yang sangat tepat jika kita ingin membentuk anak kita yang pandai dalam hal pendidikan formal dan memiliki akhlak yang baik dalam beragama maka sekolah Madrasah adalah pilihan yang sangat tepat.

Di samping itu, animo masyarakat untuk mendaftarakan anaknya di madrasah juga sangat banyak. Sehingga berbagai madrasah negeri, kewalahan menolak calon siswa yang tidak lolos ujian masuk sekolah. “Madrasah negeri khususnya hanya menerima 20 sampai 30 persen dari pendaftarnya. Jadi di seluruh Indonesia, MAN, MTs Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri menolak rata-rata 80 persen dari pendaftar,”.

Selain itu, dari segi prestasi, Madrasah memiliki pencapaian yang cukup cemerlang. Madrasah menunjukkan kualitasnya dalam meraih juara di berbagai kompetisi baik ditingkat nasional ataupun internasional.

“Madrasah memiliki prestasi baik di tingkat nasional hingga internasional. Misalnya, madrasah bisa jadi pemenang olimpiade kimia, fisika, matematika dan seterusnya. Itu banyak sekali pemenang dari madrasah kita. Khususnya dari MAN Insan Cendekia,”.

Kekurangan / Kelemahan dan Resiko Sekolah di Madrasah (MI, MTS, MA):
Banyak oranag yang beranggapan bahwa mencari kerja setelah lulus dari sekolah Madrasah itu susah. Hal ini sebenarnya tidak benar, yang namanya sekolah Madrasah itu selain pendidikan agama yang bagus, para siswanya juga mendapat pelajaran formal yang tidak kalah saing dengan sekolah – sekolah umum. Jadi, sepertinya sih hal ini bukan menjadi kekurangan dari sekolah di Madrasah ya? hehe..

Sekolah di Madrasah akan lebih menyita waktu siswa – siswanya. Ya, benar sekali bahwa jika anda sudah memutuskan untuk menyekolahkan anak anda di Madrasah maka anda harus siap bahwa anak anda akan pergi pagi dan pulang sore setiap harinya. Hal ini dikarenakan selain mendapatkan pendidikan formal anak-anak anda juga akan diberikan ekstrakurikuler tentang pendidikan agama maupun umum.

Waktu bermain bagi siswa / anak-anak anda akan lebih sedikit. Benar memang, walaupun sebenarnya ini menguntungkan bagi anda sebagai orang tua, karena anak anda akan lebih memanfaatkan waktunya untuk belajar.

Sedikit sekali memang kekurangan atau kelemahan menyekolahkan anaknya di Madrasah, oleh sebab itu semoga dengan tulisan yang sederhana ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta pertimbangan para pembaca sekalian dalam menentukan pendidikan yang terbaik untuk bekal anak anda di masa depannya nanti. Semoga bermanfaat…

Previous OUTING CLASS KE PUSPA IPTEK, BANDUNG
Next Tidak Ada Ujian Nasional Perbaikan (UNP) di Tahun 2017

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *