Kiat Memotivasi Anak Meraih Impiannya


MTs. Attaqwa 10 Terpadu – Setiap orang tua pasti menginginkan masa depan terbaik untuk anaknya kelak. Terkadang orang tua memaksakan idealisme mereka dalam menentukan masa depan anak. Anak harus menurut dengan apa yang orang tua inginkan tanpa memperhatikan masa depan apa yang anak inginkan.

Ketidaksamaan pandangan antara pemikiran anak dan orang tua dapat berakibat fatal. Anak bisa saja memberontak, karena enggan menuruti apa yang diimpikan orang tua mereka. Ujung-ujungnya, ada anak dan orang tua yang tidak akur, anak malas belajar, anak tidak bersemangat, anak merasa takut serta tidak percaya diri dan lain sebagainya.

Penentuan masa depan anak tentu harus sangat diperhatikan, sehingga akan ada titik temu terbaik antara orang tua dan anak, sehingga kedua belah pihak bisa  mendapat hasil yang terbaik. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan anak dan orang tua.

Pertama, komunikasikan keinginan orang tua dan keinginan anak. Mengkomunikasikan keinginan orang tua terhadap anak merupakan tahap yang penting. Ini dijadikan sebagai dasar, agar anak mengetahui apa yang orang tua inginkan pada dirinya dan apa keinginan anak.

Setelah sama-sama mengetahui, orang tua dan anak harus mendiskusikan apa yang sebaiknya dipilih, agar sama-sama sependapat. Mengkomunikasikan mimpi anak harus dilakukan dalam kondisi yang santai dan dengan suasana yang hangat, jangan sampai ada bentakan ataupun amarah saat berkomunikasi dengan anak.

Kedua, dukung mimpi anak. Setelah kedua belah pihak saling memahami dan sepakat, orang tua harus mendukung anak dalam proses menggapai mimpinya. Dukungan tidak hanya melalui dukungan finansial saja, tetapi juga moril. Orang tua harus selalu memberikan semangat, apalagi ketika anak dalam keadaan lesu.  Orang tua wajib membangkitkan semangat mereka lagi, bukan malah membiarkan mereka melalui masa-masa sulit sendirian.

Ketiga, berikan motivasi melalui keteladanan. Orang tua sebaiknya membiasakan diri memberi motivasi melaui berbagai cerita keteladanan, agar anak selalu termotivasi. Ceritakanlah hal-hal yang bisa membarakan semangat mereka. Hal ini penting, agar anak terus terpacu dalam meraih mimpi mereka.

Keempat, pendampingan dan pantauan untuk anak. Orang tua harus mendampingi anak dalam berbagai keadaan. Orang tua harus dekat dengan anak, agar orang tua mampu memantau anak, sudah sampai manakah mereka? Dan sudah dalam tahap apakah mereka. Jadi, paling tidak orang tua mampu memberi solusi terbaik, agar anak tidak salah jalan.

Kelima, doakan anak. Selain usaha dan kerja keras, sebagai manusia kita harus ingat bahwa Tuhan memiliki peran dalam segala hal. Orang tua harus selalu berdoa untuk kesuksesan anaknya. Selain itu, anak pun harus dibiasakan selalu berdoa pada Tuhan, agar apa yang anak inginkan dikabulkan oleh Tuhan. Doa dapat mempermudah jalan. Selain itu anak tidak mudah takut dan menyerah. Mereka akan semakin percaya diri bahwa Allah SWT selalu ada untuk mereka.

Previous Karate
Next Orang Tua Yang Suportif Hasilkan Anak yang Berhasil

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *