Pentingkah menyekolahkan anak di Madrasah?


Dahulu ada murid Imam Al Ghazali yang sangat haus akan ilmu agama, hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan setiap fak ilmu agama itu dengan sempurna.

Itu orang zaman dahulu, ilmu yang mereka tuntut itu akan selalu menjadi jawaban hidup mereka, hingga hidup mereka sama sekali tidak pernah memiliki masalah.

Karena sesungguhnya masalah itu akan timbul disaat kita memiliki pandangan dan penilaian yang salah terhadap kebutuhan dan keperluan hidup.

Masalah apapun yang kita hadapi, jawabannya adalah Ilmu. Orang miskin, ketika ia miskin, jawaban kemiskinan adalah Ilmu. Ilmunya adalah syukur dan sabar. Pandangan dan pikiran hatinya telah sempurna melihat hikmah Allah SWT.

Betapa fakta kehidupan dunia mampu mendindingi hati yang sedang belajar untuk hidup sederhana agar mampu menerima apa adanya.

Maka kita sebagai orang tua wajib menyekolahkan anak kedalam lingkungan agama, karena modal kita sebagai orang tua adalah memberikan anak tersebut berupa ilmu faham yang mampu membuatnya mengerti akan keberadaannya selama didunia ini.

Jangan pernah mencemaskan masa depan seorang anak ketika ia menuntut Ilmu Agama, karena apabila agama telah sempurna ada didalam dirinya, niscaya seluruh pangkat keduniaan akan ada didalam hidupnya, yaitu dalam bentuk Syukur.

Bukan sebuah kehinaan apabila seorang anak ‘alim masalah agama, sebab agama akan berguna pada kehidupan yang kedua (Akhirat) saat kita sebagai orang tua telah berani memberikannya pelajaran agama, niscaya anak tersebut akan membukakan jalan kemudahan untuk kita menuju Surga.

Jawaban hidup yang sesungguhnya adalah Ilmu. Disaat dunia mengelilingi hidupmu dengan godaan harta, maka utamakanlah ilmu sebagai jawaban untuk menghadapinya.

Sayyidina ‘Ali pernah ditanya oleh seseorang, “bagus mana antara Ilmu dan Harta?” Jawaban Sayyidina ‘Ali adalah Ilmu akan menjagamu, sedangkan harta kamu yang akan menjaganya. Ilmu tidak akan bisa di curi, sedangkan harta pasti bisa dicuri. Ilmu yang dibagi-bagikan akan membuat kamu menjadi bermanfaat, sedangkan harta yang dibagi-bagikan akan habis.”

Orang yang benar memiliki pandangan terhadap jawaban hidup hanya dengan Ilmu, maka orang ini rezekinya akan dijamin oleh Allah SWT.

Wallahu’alam.

Previous Outing Class Siswa-siswi Kelas 7 Tahun 2018
This is the most recent story.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *